Jumat, 16 Januari 2015

CARA MUDAH MENGHITUNG CARAT



Cara dan Sederhana & Mudah 
Memperkirakan Carat Batu Permata

Bagaimana Carat sebuah batu permata ditetapkan atau ditentukan, tentu ada cara atau rumusan yang telah baku. Bagi sebagian besar orang yang tidak berhubungan dengan batu permata atau berlian, tentu tidak akan memerlukannya. 

Begitu juga karena kita sering mendengar mahalnya harga sebuah batu permata setingkat Diamond atau sering juga disebut dengan Intan/Berlian, seolah tidak bisa dibayangkan atau diperkirakan. Apa lagi untuk golongan masyarakat sederhana, terpikir pun tidak. Karena memang  sudah dipersepsikan bahwa berlian mahal. Sehingga untuk sebagian mungkin berpikir, bahwa semua itu tidak bisa dijangkau, bahkan untuk tahu ukurannya saja seolah-olah sulit."Tidak ada yang mahal di dunia ini, asal mampu membeli." Dan yang lebih utama adalah kepentingannya untuk apa kita membeli?.

Namun tetap saja bagi masyarakat awam bahwa, tidak dengan mudah dapat membayangkan seberapa besar 1 Carat (crt) sebuah batu permata.

Sekarang ini dengan mudah dapat kita temukan kegiatan jual beli permata melalui dunia maya (internet), yang secara cukup terbuka (fair) menyebut ukuran baik carat atau pun hanya ukuran dimensi sebuah batu permata atau batu mulia lainnya. Namun kegiatan jual beli batu permata atau batu mulia tersebut, tidak saja dilakukan oleh pedagang dengan kualifikasi memadai tetapi juga dilakukan oleh pribadi-pribadi yang sebenarnya bukan pedagang permata atau batu mulia.

Jadi sebenarnya pengetahuan tentang cara menghitung carat sangat diperlukan juga meskipun untuk orang orang yang memang hobi mengoleksi batu permata, atau baru sekedar menyenangi batu mulia. Sehingga tidak hanya tergantung dari apa yang dikatakan oleh pedagang mengenai besarnya carat sebuah batu mulia/permata. Hal ini, diperlukan jika Anda telah yakin bahwa batu mulia yang ditawarkan adalah Natural/Asli, terutama batu permata kelas atas seperti Intan (precious gem) dan semi-precious gem seperti Ruby, Blue Sapphire, Topaz atau Zamrud dan beberapa yang lainnya.

Dari semua itu dapat kita lakukan studi sederhana, untuk memperkirakan atau membayangkan sebuah benda dengan nilai carat tertentu dari dimensi yang ditunjukkan, dengan memegang harga dasar masing masing batu permata tentu akan dengan cepat memperkirakan harga, baik harga jual maupun harga beli.

Sebenarnya sangat mudah menentukan besarnya ukuran 1 Carat sebuah batu mulia/permata. Secara umum dapat ditentukan ukuran 1 Carat sebuah batu mulia/permata dengan melihat dimensi yang ditunjukkan atau kira-kira bervolume 125 mm3 (millimeter kubik). Kira-kira seperti sebuah bentuk bangun yang memiliki panjang 5 mm, lebar 5 mm dan tebal 5 mm. (Panjang x Lebar x Tinggi/Tebal)

Ingin tahu detilnya? Lihat data dibawah ini :

Daftar Ukuran Batu Permata
Carat dan Dimensi

No   Nama Batu Permata        Karat/Carat       Dimensi (mm)     Perkiraan 1 Carat (Crt)
1      Intan/Berlian/Diamond            1,01               6,3 x 4,0 x 6,2      (+/-) 5 x 5 x 5 mm
2      Ruby/Merah Delima                1,01               5,2 x 5,0 x 4,5      (+/-) 5 x 5 x 5 mm
3      Blue Sapphire                          1,00               5,2 x 5,0 x 4,5      (+/-) 5 x 5 x 5 mm
4      Zamrud/Emerald                      1,01              5,1 x 5,0 x 4,5       (+/-) 5 x 5 x 5 mm


Cara Hitung I

Dengan massa yang berbeda untuk masing-masing batu permata, tentu akan membedakan dimensi sebuah batu permata untuk 1 carat (crt) batu permata, namanya juga perkiraan. Soal berapa harga 1 carat sebuah batu permata banyak faktor yang mempengaruhi. Untuk membeli anda harus pandai memperkirakan berapa sebenarnya harga jual sebuah batu permata sesuai harga pasar, apalagi jika ingin menjual kembali. Paling aman memang dengan cara mengukurnya, dan menguji keaslian sebuah batu permata dengan analisa laboratorium.

Sehingga cara membacanya adalah ketika anda memperkirakan panjang, lebar dan tinggi sebuah batu permata apapun macam jenis potongannya, dengan menggunakan rumus balok (panjang x lebar x tinggi) akan ditemukan volume. Volume diatas adalah 125 mm3 (mili meter kubik).

Misalnya ada sebuah batu permata dengan dimensi 17 x 13 x 7 = 1.547

  • 1.547 : 125 = 12,376 
  • kalikan 75% atau 80 % (untuk amannya)
  • Hasilnya sekitar 9,3 - 9,9 carat
  • Hasil ini hanyalah perkiraan..... 

Uji coba data acak dari sebuah situs:
  • Batu Kalimaya 16, 5 x 14 x 5  mm tercatat 7 Crt (sudah ditimbang)

Coba kita hitung:
  1. 16 x 11,5 x 6 = 1.155
  2. 1.155 : 125 = 9,24
  3. 9,24 x 75 % = 6,93
  4. 9,24 x 80 % = 7,39
  5. Jika kita memperkirakan sekitar 6,93 - 7,39 carat, ini mendekati kebenaran ( jika data yang saya kutip di atas itu benar, "Batu Kalimaya 16, 5 x 14 x 5 tercatat 7 Crt")

Catatan :
  • Perhitungan ini hanya perkiraan sederhana. Tidak dianjurkan untuk digunakan sebagai patokan yang pasti dan baku
  • Perhitungan ini belum pernah di uji coba di laboratorium


Cara Hitung II

Dalam mengukur berlian mungkin kita pernah dihadapkan pada suatu permasalahan :
Saat mengukur berlian dengan Alat Moe atau AD leveridge ternyata tinggi berlian tidak bisa diukur karena culet tertutup oleh perhiasan pengikat. Ada berbagai cara untuk mengatasi permasalahan tersebut.

P. GROZINSKI  Seorang ahli berlian menawarkan rumus untuk menghitung berlian dengan cara cepat tanpa mengukur tinggi sebuah berlian. Yang kita ukur hanyalah Diameternya saja. Lebih simpel bukan?

Memang cara ini sangat sederhana dan sangat membantu dalam memperkirakan berat berlian:
                      B = (d / 6,47)3

B= Berat berlian
d= Diameter berlian dalam satuan milimeter

Rumus diatas hanya untuk berlian bulat / Round

Sebenarnya rumus ini mengasosiasikan bahwa tinggi berlian adalah 60% dari panjang diameter.
 
Contoh perhitungan :
Sebuah berlian diukur diameternya 10 mm sedangkan tingginya tidak bisa diukur karena berlian terikat perhiasan yang menutupi culetnya berapa berat berlian tersebut.

1.      Jika kita gunakan rumus  B = r2.T.0,0245

* r = 1/2 D = 1/2 x 10 = 5 dan T = 60 % x 10 = 6 mm
jadi berat berlian = 5 x 5 x 6 x 0,0245 = 3,67 carat
 
2.      Sedangkan jika kita gunakan rumus P. GROZINSKI maka didapat hasil sebagai berikut:

B = (d/6,47)3      

B = (10/6,47)3     
B = (1,545)
B = 3,68 Ct    

Ternyata hasilnya hampir sama bukan?


Semoga bermanfaat....






Referensi: 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar